E-Learning, Sistem Pembelajaran Di Situasi Pandemik Covid-19

Nilanurlimah.com - Pembelajaran, suatu aktivitas yang dilakukan untuk meluaskan wawasan seseorang. Dari suatu pembelajaran, muncul pengetahuan tentang dunia di pikiran seseorang, pengetahuan terse-but dapat dipakai oleh manusia sebe-bas mungkin, tapi, apakah yang terjadi jika suatu proses pembelajaran tertun-da? Tentu cara-cara lain akan ditemu-kan demi melanjutkan pembelajaran.


Salah satu cara yang dibuat manusia untuk melanjutkan pembelajaran adalah internet. Di internet lah dengan mudah orang-orang dapat melontarkan informasi yang mereka ketahui dan juga mendapatkan informasi yang baru, proses tersebut merupakan awal dari E-Learning.

Apa Itu E-Learning?

Apakah itu E-Learning? E-Learning merupakan sistem pembela-jaran yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. Dalam kata lain, E-Learning adalah pem-belajaran di internet yang dilakukan pelajar (biasanya di suatu website) tanpa bertatap muka dengan pemberi.

Dalam situsi pandemic covid-19 atau disebut juga corona virus banyak siswa yang proses pembelajarannya tertunda, situasi ini membuat siswa merasa tidak memiliki tanggung jawab untuk belajar, saya pun berpikiran sama, menggunakan situasi pandemic ini sebagai jalan keluar untuk melakukan proses belajar apa pun. Namun, jika kon-disi tersebut terus dibiarkan, para pela-jar akan menjadi malas, maka dari itu, E-Learning digunakan sebagai penang-kal sementara. 

Apa Itu E-Learning?Efek Pandemik Terhadap Sistem Pembelajaran informasi (guru atau dosen), dalam E-Learning pelajar diberikan kebebasan untuk melakukan sistem pembelajaran semau mereka, guru atau dosen hanya memberikan mentahan tentang apa yang akan dipelajari oleh pelajar.

Efek Pandemik Terhadap Sistem Pembelajaran

Dalam situsi pandemic covid-19 atau disebut juga corona virus banyak siswa yang proses pembelajarannya tertunda, situasi ini membuat siswa merasa tidak memiliki tanggung jawab untuk belajar, saya pun berpikiran sama, menggunakan situasi pandemic ini sebagai jalan keluar untuk melakukan proses belajar apa pun. Namun, jika kon-disi tersebut terus dibiarkan, para pela-jar akan menjadi malas, maka dari itu, E-Learning digunakan sebagai penang-kal sementara.

Jenis-Jenis E-LearningYang Digunakan Sebagai Sistem Pembelajaran

1. E-Learning khusus, dibuat oleh masing-masing lembaga pendidikan dengan bentuk website dimana para pelajar tidak perlu lagi membuat akun, dan sudah diberi oleh lembaga pendidi-kan tersebut.

E-Learning ini biasanya sudah dibuat jauh hari sebagai cadangan ketika terjadi musibah yang berskala besar seperti pandemik sekarang ini.

2. E-Learning umum, biasanya berbentuk aplikasi yang bisa diunduh oleh pelajar. E-Learning ini merupakan yang paling sering digunakan oleh pelajar. Lembaga pendidikan yang tidak mempunyai E-Learning-nya sendiri biasanya menyuruh para siswa nya untuk men-gunduh aplikasi, misalnya edmodo, moodle, atau aplikasi lainnya.

3. E-Learning Video call, sama seperti E-Learning umum, dapat diunduh oleh pelajar. Fitur utama dari E-Learning ini adalah untuk secara tidak langsung melakukan pembelajaran tatap muka dengan pengajar

Zoom merupakan aplikasi yang sering dipakai saat melakukan E-Learning Video call. Zoom digunakan ketika pen-gajar merasa bahwa memberika tugas saja tidak cukup, dan pembelajaran akan lebih efektif lagi ketika diadakan sesi pertemuan kelas di Zoom tersebut.Situasi pandemik ini tidak bisa dijadikan alasan untuk mogoknya pembelajaran, dengan adanya beragam E-Learning, saya rasa pembelajran masih dapat ber-langsung. Pelajar dan Pengajar dapat memilih E-Learning mana yang paling cocok dengan keadaan masing-masing.

Apakah E-Learning Efektif Digunakan Sebagai Sistem Pembelajaran?




Sheika Salsabila
mahasiswa sastra francis
di UPI, Bandung
Menurut saya penggunaan E-Learning memang seharusnya dianjurkan sebagai pengganti sistem pembelajaran, terutama saat kondisi penyebaran virus yang pesat saat ini, tetapi dengan catatan pihak sekolah/kuliah yang memiliki E-Learning tersebut mempunyai server yang memadai, sehingga tidak sering terjadi adanya gangguan di E-Learning tersebut dan sering diadakannya pengecekan server

E-Learning menurut saya efektif untuk digunakan, karena E-Learning memang salah satu fasilitas yang harus lembaga pendidikan gunakan terhadap pelajar. Untuk mengakses E-Learning juga tidak terlalu sulit, hanya butuh koneksi internet


Teman saya Sheika memberi pendapat bahwa E-Learning merupakan salah satu fasiitas dari suatu lembaga pendidikan, maka dari itu memang sudah seharusnya digunakan. Sheika juga berpendapat bahwa E-Learning yang digunakan harus memiliki server yang memadai.Memiliki server yang mampu untuk menampung kira-kira ribuan orang memang diperlu-kan saat menggunakan E-Learning, karena jika website mengalami “down”, pembelaja-ran pasti akan terganggu



Surya Teguh
mahasiswa ilmu komunikasi, Bandung
di Telkom University
E-Learning sangat membantu sebagai pengganti pelajaran di kelas, soalnya di keadaan karantina ini para pelajar susah untuk melaksanakan kegiatan belajar-menga-jar. Mengakses E-Learning juga ga terlalu susah, tinggal ada koneksi internet, jadi fleksi-bel untuk diakses kapan saja

Tapi, E-Learning juga terkadang kurang efektif, karena pelajaran yang seharusnya dilaksanakan di dalam kelas dengan “class atmosphere” hilang karena suasana yang berbeda ketika dikerjakan di rumah


Teman saya Surya berendapat bahwa E-Learning sangat membantu sebagai pengganti kelas, terutama dikeadaan karantina seperti sekarang dimana pelajar sulit untuk mel-akukan kegiatan belajar. Walaupun demikian, E-Learning terkadang kurang efektif karena hilangnya “class atmosphere” saat dikerjakan di rumahKeadaan kelas memang berefek besar saat melakukan kegiatan belajar, interaksi yang dilakukan oleh pelajar dan pengajar di kelas terasa lebih efektif dari pada hanya mel-alui E-Learning saja.



Chairul Shiddiq
mahasiswa ekonomi bisnis
di Hyogo University, Jepang
Menurut saya e-learning merupakan metode pembelajaran yang sangat cocok ketika pandemik ini, karena mau tidak mau kita harus menjaga diri dari virus namun disamping itu ada kewajiban lain yang tidak bisa kita abaikan begitu saja, dan salah satu kewajiban bagi pelajar ya belajar.

Efektif tidaknya E-Learning menurut saya tergantung terhadap pelajar dan pen-gajarnya masing-masing. Tetapi, tetap saja interaksi antara pelajar dan pengajar yang paling efektif adalah di suatu kelas. Kelas yang dilaksanakan di E-Learning jelas inter-aksinya tidak selengkap di kelas biasa


Teman saya Chairul berendapat bahwa E-Learning sangat cocok ketika pandemik seka-rang ini, terdapat keharusan untuk menjaga kesehatan dengan berdiam di rumah, E-Learning berfungsi sebagai pengisi kewajiban untuk belajar bagi pelajar. Sama seperti opini Surya di atas, Chairul juga mengatakan bahwa suasana interaksi antara pelajar dan pengajar lebih efektif dilakukan di kelas.

CLOSING STATEMENT

Di situasi seperti ini, E-Learning mung-kin adalah opsi terbaik dalam melaku-kan pembelajaran, E-Learning memili-ki perbedaan yang jauh dibandingkan dengan sistem pembelajaran di kelas, bukan tetapi kita harus menolak per-bedaan tersebut, tujuan dari E-Learn-ing sama saja dengan tujuan dari belajar di kelas, yang berbeda hanya tempat pelaksanaanya saja. E-Learn-ing membantu kita untuk tetap mel-akukan pembelajaran di waktu yang sulit seperti sekarang ini.

Hasil Karya Dari Mahasiswa Fikom Unisba Alraza T.Hussein.

Tidak ada komentar untuk "E-Learning, Sistem Pembelajaran Di Situasi Pandemik Covid-19"